10 obyek wisata alam kali ini sangat menarik untuk dibahas karena menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa.

10 Obyek Wisata Alam dan Peninggalan Sejarah di Kalimantan Barat

10 obyek wisata alam kali ini sangat menarik untuk dibahas karena menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa.

Dari 10 obyek wisata alam di Kalimantan Barat ini yang paling terkenal adalah Tugu Khatulistiwa yang berada di kota Pontianak.

Karena fenomena alam inilah, tempat wisata di Kalimantan Barat ini menjadi keunikan tersendiri dan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Selain itu, Kalimantan Barat juga memiliki Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Masih banyak lagi tempat wisata di Kalimantan Barat yang sangat menarik dan mempesona.

Kalimantan barat memang terkenal akan wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan masih banyak wisata lainnya.

Berikut langsung saja kita bahas 10 obyek wisata alam dan peninggalan sejarah di Kalimantan Barat.

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu obyek wisata di Kalimantan Barat yang paling populer untuk dikunjungi.

Tugu Khatulistiwa atau dengan nama lain Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Lokasinya berjarak 3 kilometer dari pusat kota Pontianak.

Tempat wisata yang menjadi ikon Kota Pontianak ini selalu ramai pengunjung. Jika datang di saat yang tepat, kita bisa melihat fenomena menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa seperti titik kulminasi matahari.

Pada saat itu, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di sekitar garis khatulistiwa.

Peristiwa titik kulminasi matahari ini terjadi dua kali dalam setahun. Kita bisa datang melihat langsung peristiwa alam ini antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Taman Alun Kapuas

Destinasi wisata di Kalimantan Barat yang selanjutnya yaitu Taman Alun Kapuas. Obyek wisata ini terletak di Pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak, tepatnya berada di depan kantor wali kota Pontianak.

Lokasinya yang strategis menjadikan Taman Alun Kapuas ini bisa dikunjungi dari segala arah dan daerah.

Tanaman Alun Kapuas ini juga terdapat Waterfront City yang menjadi salah satu proyek dari pemerintah kota Pontianak. Air mancur dan Tugu Khatulistiwa tiruan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Pontianak.

Di tempat ini kita bisa melihat keindahan Sungai Kapuas dengan kapal-kapal yang melintasi sungai. Kita juga bisa menikmati kuliner khas Pontianak yang dijajakan pedagang sembari bersantai.

Museum Provinsi Kalimantan Barat

Obyek wisata yang berikutnya adalah Museum Provinsi Kalimantan Barat yang lokasinya berada di Jalan Jenderal Achmad Yani, Kota Pontianak.

Di museum ini terdapat berbagai benda-benda bernilai sejarah yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Salah satunya peninggalan sejarah dan peradaban ragam suku bangsa seperti Suku Dayak, Suku Melayu dan Suku Tionghoa.

Di sini juga terdapat Ruang Pameran Tetap yang dibagi menjadi tiga ruangan yaitu Ruang Kalimantan Barat, Ruang Pengenalan dan Ruang Keramik.

Jadwal buka museum yaitu pada hari Selasa-Minggu dari jam 08.00-14.000, Jumat 08.00-11.00 dan 12.30-14.00, sedangkan Senin dan libur nasional tutup. Tiket masuk ke museum ini sangat murah meriah yaitu hanya Rp 1.000.

Rumah Radakng

Tempat wisata Rumah Radankng adalah sebutan untuk rumah panjang suku Dayak Kanayatn di Provinsi Kalimantan Barat. Rumah Radakng atau yang biasa disebut juga dengan longhouse adalah salah satu ciri khas Provinsi Kalimantan Barat.

Rumah Radakng ini dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Pasalnya, rumah adat ini memiliki tinggi 7 meter dengan panjang bangunan 138 meter.

Bukit Kelam

Wisata Bukit Kelam termasuk salah satu ikon wisata di Sintang Kalimantan Barat. Bukit ini menawarkan pemandangan yang indah dari puncak bukit.

Hamparan luas Kota Sintang dan hutan terlihat begitu menawan jika kita berada di atas bukit. Konon, Bukit Kelam ini diklaim sebagai batu monolit terbesar di dunia.

Kendawangan

Tempat wisata Kendawangan ini dulunya adalah bekas pertambangan sebelum menjadi tempat wisata.

Tanah luas berbukit bekas tambang bauksit di daerah Silingan, Kendawangan, Kalimantan Barat ini kini menjadi salah satu spot terbaik untuk melakukan selfie. Tempat ini memiliki pemandangan yang mirip dengan gurun-gurun di Mesir.

Pulau Randayan

Pulau Randayang adalah tempat wisata bernuansa alam yang bmerupakan pulau sepi yang memiliki hamparan pasir lembut berwarna putih serta pemandanganya yang sangat mempesona bagaikan pulau pribadi.

Kita bisa menggunakan perahu dari dermaga pantai pasir panjang dengan waktu sekitar 2 jam untuk bisa mengunjunji pulau ini.

Selain itu, di pulau ini juga banyak menawarkan berbagai fasilitas, mulai dari villa, cafe restoran yang sangat menyenangkan hati ketika berlibur ke pulau ini.

Sinka Island Park

Tempat wisata di Kalimantan Barat yang selanjutnya adalah Sinka Island Park. Destinasi wiasata yang berada di Singkawang ini merupakan taman yang terdapat di pulau terkecil di dunia yaitu Pulau Simping.

Pulau ini hanya memiliki beberapa pohon dan bebatuan. Selain itu, ada juga jembatan yang menghubungkan ke pulau ini.

Di sini juga terdapat lokasi yang sangat cocok bagi wisatawan yang hobi memancing.

Hutan Mangrove Setapuk

Hutan Mangrove Setapuk ini berada di kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara yang berjarak lumayan dekat dari pusat kota Singkawang.

Untuk bisa ke tempat ini, para pengunjung harus menggunakan sepeda motor karena lokasi ini terletak di gang kecil. Selain menikmati keindahan di sekitarnya, tempat wisata ini juga memberikan edukasi.

Untuk bisa ke tempat wisata ini kita hanya perlu membayar biaya parkir. Ada banyak fasilitas yang bisa digunakan di Hutan Mangrove Setapuk ini seperti kapal motor yang difungsikan untuk mengelilingi sekitar pantai.

Bukit Rindu Alam

Bukit Rindu Alam terletak di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Singkawang ini wajib untuk dikunjungi.

Dari ketinggian, kita bisa melihat merasakan kesejukan, melihat keindahan kota Singkawang dan keindahan beberapa pantai yang sangat mempesona.